Jumat, 30 Oktober 2015

VARIABEL DAN KONSTANTA

Variabel
  1. Pengertian Variabel
Pengertian variabel yang diambil dari wikipedia adalah berubah-ubah, tidak tetap. pengertian lainnya adalah deklarasi sesuatu yang memiliki nilai bervariasi, kemudian dapat juga didefiniskan sebagai hal yang berbeda beda dalam bahasa pemprograman yang diwakili oleh simbol untuk variasi nilai tertentu.
Variabel adalah suatu besaran yang dapat diubah atau berubah sehingga mempengaruhi peristiwa atau hasil penelitian. Dengan menggunakan variabel, kita akan mmeperoleh lebih mudah memahami permasalahan. Hal ini dikarenakan kita seolah-olah seudah mendapatkan jawabannya. Biasanya bentuk soal yang menggunakan teknik ini adalah soal counting (menghitung) atau menentuakan suatu bilangan. Dalam penelitian sains, variable adalah bagian penting yang tidak bisa dihilangkan.
1.1 Pengertian Variabel Menurut Ahli
  1. F.N Kerlinger
Variabel adalah sebuah konsep. Konsep tersebut memiliki nilai yang bermacam-macam. Variabel dapat merupakan sebuah konsep yang telah diubah, hal ini dilakukan dengan memusatkan aspek tertentu dari variabel itu sendiri.
  1. Freddy Rankuti
Variabel adalah sebuah konsep yang memiliki nilai yang bervariasi, maka nilai variabel dapat dibedakan menjadi empat tingkatan skala, yaitu rasio, ordinal, nominal dan internal.
  1. Sutrisno Hadi
Variabel adalah variasi dari objek penelitian, seperti ukuran tinggi manusia yang divariasikan menjadi tingkatan umur, kelamin bahkan lokasi tinggal manusia tersebut.
  1. Bagja Waluya
Variabel adalah konsep yang tidak pernah ketinggalan dalam setiap eksperimen/penelitian (research). Variabel diartikan sebagai gejala yang memiliki variasi.
  1. Tia Mutiara
Variabel adalah sesuatu yang menjadi fokus perhatian (center of attention) atau pusat yang memberikan pengaruh (effect) dan mempunyai nilai (value). Hal ini membuat variabel dapat berubah. Variabel dapat disebut juga sebagai peubah. Objek penelitian yang dapat menentukan hasil penelitian juga merupakan variabel.
  1. Macam Macam Variabel Dan Contohnya
  2.1  Variabel  Independen
Variable ini sering disebut sebagai variabel predictor, variabel pengaruh, kausa, variabel perlakuan, treatment, variabel risiko, stimulus, dan juga dikenal sebagai variabel bebas dan variabel predictor.
Variabel ini merupakan variabel yang menjadi sebab terjadinya perubahan atau mempengaruhi timbulnya variabel terikat (dependen). Oleh karena itu, variabel ini disebut variabel bebas (independent). Variabel bebas juga sering tuliskan dalam Structural Equation Modelling  sebagai variabel eksogen.
Contoh Hipotesis :
Terdapat pengaruh jumlah jam mengajar guru dalam seminggu terhadap kualitas dalam mengajar.
Variabel Independen : Jumlah jam mengajar
Variabel Dependen   : Kualitas mengajar
2.2  Variabel Dependen
Variabel ini sering disebut sebagai variabel konsekuen, variabel kriteria, variabel pengaruh, terikat, tergantung, dan variabel output.
Berbeda dengan variabel independet, variabel dependen dalam SEM atau permodelan persamaan struktural, variabel independen juga dikenal sebagai variabel indogen.
Alasan variabel dependen disebut variabel terikat adalah karena setiap variabel independen  akan mempengaruhi variabel terikat / independen
Contoh Hipotesis :
Terdapat pengaruh penggunaan buku teks berbahasainggris terhadap pemahaman konsep fisika siswa
Variabel dependen : Pemahaman konsep fisika
Variabel Independen: penggunaan buku teks berbahasa inggris
2.3  Variable Moderator
Pengertian Variabel Moderator adalah variabel yang berpengaruh baik itu memperkuat maupun memperlemah  hubungan (relation) antara variabel bebas dan variabel terikat.
Variabel independen kedua merupakan nama lain untuk variabel moderator.
Contoh Hipotesis :
Terdapat hubungan motivasi belajar dan hasil belajar  siswa yang positif bila peranan guru dalam menciptakan lingkunganbelajar sangat baik.
Variabel Independen : motivasi belajar
Variabel dependen : hasil belajar Variabel moderator : lingkungan belajar.
2.4 Variabel Intervening
Pengertian variabel intervening adalah variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan (relation) antara variabel bebas dengan variabel terikat, tetapi tidak dapat diamati dan diukur.
Variabel ini merupakan variabel penyela/Antara yang terletak diantara variabel bebas dan bariabel terikat, sehingga Variabel Bebas tidak secara langsung mempengaruhi berubahnya atau timbulnya Variabel Terikat.
Contoh :
Tinggi rendahnya pendapatan akan mempengaruhi secara tidak langsung terhadap umur harapan hidup. Di sini ada variabel antaranya yaitu yang berupa gaya hidup seseorang. Antara variabel penghasilan dan gaya hidup terdapat variabel moderator yaitu Budaya Lingkungan Tempat Tinggal.
2.5 Variabel  kontrol
Pengertian variabel kontrol adalah variabel yang dikendalikan atau dibuat konstan sehingga hubungan variabel bebas terhadap variabel terikat tidak dipengaruhi oleh faktor dari luar yang tidak diteliti.
Variabel kontrol sering dipakai oleh peneliti dalam penelitian yang bersifat membandingkan, melalui penelitian eksperimental.
Contoh Hipotesis :
Terdapat pengaruh letak kampus terhadap pemilihan jurusan pada saat pendaftaran di kalangan calon mahasiswi baru.
Variabel Independen : Letak kampusVariabel dependen : Jurusan yang dipilihVariabel kontrol : calon mahasiswi baru
  1. Konstanta
  2. Pengertian Konstanta
Konstanta adalah variabel yang nilai datanya bersifat tetap dan tidak bisa diubah. Jadi konstanta adalah juga variabel, dan bedanya adalah pada nilai yang disimpannya. Jika nilai datanya sepanjang program berjalan tidak berubah-ubah, maka sebuah varibel lebih baik diperlakukan sebagai konstanta. Pada sebuah kode program, biasanya nilai data dari konstanta diberikan langsung di bagian deklarasi konstanta. Sedangkan untuk variabel, biasanya hanya ditentukan nama variabel dan tipe datanya tanpa isian nilai data. Aturan penamaan variabel juga berlaku untuk penamaan konstanta. Demikian juga aturan penetapan tipe data.Sebagai contoh, jika kita membuat program perhitungan matematik yang menggunakan nilai pi (3.14159) yang mungkin akan muncul dibanyak tempat pada kode program, kita dapat membuat pi sebagai konstanta. Penggunaan konstanta pi akan lebih memudahkan penulisan kode program dibanding harus mengetikkan nilai 3.14159 berulang-ulang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar